Ketahui Penyebab Dan Gejala Penyakit Jantung Koroner

Gejala penyakit jantung koroner - Bagi perempuan maupun laki – laki sebaiknya selalu wapada terhadap beberapa penyakit mematikan. Salah satunya adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja. Orang yang menginjak usia dewasa sebaiknya lebih berhati – hati di dalam menjaga kesehatan tubuhnya. Beberapa penyakit seperti kolestrol tinggi, kegemukan serta darah tinggi menjadi beberapa sebab yang memicu penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner disebabkan adanya pergeseran ataupun penumpukan plak arteri di pembuluh jantung. Jantung koroner adalah penyakit yang mematikan dimana penyakit ini menyerang secara mendadak (sudden death) dan si penderita akan merasakan sakit pada dada (terasa ditekan – tekan) dan kemudian rasa sakit tersebut akan menjalar ke lengan bagian kiri serta leher dan merasa seperti tercekik.

Penyebab Dan Gejala Penyakit Jantung Koroner

Gejala penyakit jantung koroner

Gejala penyakit jantung koroner seperti masuk angina sakit di ulu hati terkadang di iringi dengan perut kembung namun juga disertai dengan denyut nadi yang lemah, cepat serta mengeluarkan keringat yang banyak.

Masa serang dari penyakit jantung koroner adalah 2 jam pertama, namun jika serangan lebih dari 2 jam maka penyakit ini sudah tergolong berat. Jadi jika Anda merasakan sakit di ulu hati disertai dengan keringat dingin, denyut nadi lemah serta cepat secara tiba – tiba maka harus segera mendapat penanganan dari dokter. 

Di Indonesia serangan jantung koroner kebanyakan muncul dengan rasa sakit di ulu hati, terasa kembung serta merasa seperti masuk angin. Hal ini dikarenakan tertutupnya atau menyempitnya pembuluh darah LAD yang menuju kebagian depan serta kebagian belakang jantung sehingga akan terasa seperti penyakit lambung.


Gejala penyakit jantung  koroner lainnya 

Gejala dari penyakit jantung koroner lainnya adalah nyeri di bagian dada dan sering merasakan sakit kepala, detak jantung menjadi tidak teratur, bagian perut membengkak, sering merasakan mual dan nafsu makan menjadi berkurang, merasa sesak nafas dan terengah-engah.

Masih ada gejala lain dari penyakit jantung koroner yang bisa dideteksi seperti rasa lelah yang sering terjadi meski tidak banyak beraktifitas terlalu berat, jika pada wanita sering merasakan sakit pada tangan kiri maupun kanan, keluar keringat meski tidak beraktifitas.

Pada pria, gejala penyakit jantung koroner dirasakan sakit pada lengan bagian kiri, kemudian rasa sakit pada bahu, punggung, leher dan siku. Penyakit jantung koroner juga bisa dilihat jika seseorang mengalami pembengkakan pada pergelangan kaki serta perut.

Nah, apa saja penyebab penyakit jantung koroner?

Berikut beberapa penyebab penyakit jantung koroner :

  1. Gaya hidup yang tidak sehat
  2. Kolestrol tinggi
  3. Konsusmsi gizi yang tidak seimbang
  4. Pola makan tidak baik
  5. Kurang olah raga
  6. Adanya riwayat dari keluarga / keturunan
  7. Faktor usia seseorang
  8. Kegemukan, perokok aktif
  9. Stress yang belebihan


Beberapa penyebab penyakit jantung koroner lainnya adalah konsumsi makanan yang tidak sehat / sering mengkonsumsi makanan yang diawetkan dan makanan cepat saji, seperti makanan kaleng, seafood, daging olahan serta mengkonsumsi alkohol dan merokok. 

Beberapa penyakit lain yang bisa memicu penyakit jantung koroner adalah darah tinggi, kolestrol tinggi, diabetes. Nah itulah gejala penyakit jantung koroner serta beberapa penyebab penyakit jantung koroner yang sangat membahayakan nyawa seseorang. Dengan mengetahui gejala dan penyebab jantung koroner, mari kita tingkatkan kualitas hidup sehat kita, menghindari makanan dan kebiasaan yang tidak sehat sehingga nantinya tubuh kita bisa terhindar dari penyakit mematikan seperti penyakit jantung koroner. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua dan selalu sehat, bugar dalam menjalankan aktifitas sehari hari.