Apa Itu Penyakit Hepatitis? Bagaimana Cara Mencegahnya?

Cara mencegah penyakit hepatitis – Apa Itu Penyakit Hepatitis? Penyakit hepatitis adalah penyakit peradangan yang terjadi di hati / liver. Peradangan tersebut disebabkan adanya toksin atau racun yang terdapat pada organliver. Penyakit ini dapat menyerang siapapun , meskipun mereka terlihat sehat bahkan mereka yang memiliki sistem imunitas yang baik. Penyakit hepatitis ini juga harus ditangani dengan segera.

Cara mencegah penyakit hepatitis

Jenis – jenis penyakit hepatitis :

1. Penyakit hepatitis A
Penyebaran penyakit hepatitis A adalah lewat air dan makanan dengan kondisi lingkungan yang tidak bersih. Penyakit hepatitis A bisa dikatakan penyakit yang tidak terlalu berbahaya karena tidak menyebabkan kematian pada penderitanya.

2. Penyakit hepatitis B
Penularan penyakit hepatitis B terjadi melalui darah yang terinfeksi penderita penyakit hepatitis B. Misal melalui jarum suntik atau hubungan badan. Penyakit hepatitis B biasanya merupakan penyakit menahun atau disebut dengan penyakit kronis.

3. Penyakit hepatitis C
Penyakit hepatitis C adalah penyakit yang menginfeksi organ hati manusia dan penularan nya melalui darah.  Gejalanya seperti hepatitis akut, kronis bahkan dapat menjadi sebuah kanker hati.

4. Penyakit hepatitis D
Penyakit hepatitis D merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus seperti virus yang menyebabkan penyakit hepatitis B. Serangan virus ini dapat menyebabkan infeksi dan dapat menjadi berat.

5. Hepatitis E
Penyakit hepatitis E memiliki kemiripan dengan hepatitis A.

6. Hepatitis F
Penyakit ini disebabkan oleh virus yang telah mengalami mutasi dari virus hepatitis B. Oleh karena itu jika terjadi serangan dari mutasi virus tersebut maka penularan dari penyakit ini akan mirip dengan hepatitis B.

7. Penyakit hepatitis G
Penyakit hepatitis G dapat menyebar melalui darah serta kontak hubungan badan.


Cara mencegah hepatitis :

1. Imunisasi
Untuk mencegah penyakit hepatitis adalah dengan cara imunisasi yang diberikan saat anak berusia 2 sampai dengan 18 tahun. Pemberian imunisasi ini akan menciptakan antibodi yang dapat melawan dan mencegah infeksi penyakit hepatitis. Pemberian imunisasi ini hanya sekali seumur hidup.

2. Imunisasi sementara
Pemberian imunisasi sementara dapat diberikan pada seseorang yang akan berkunjung ke daerah endemik penyakit hepatitis serta pada daerah yang memiliki lingkungan sanitasi yang buruk. Pemberian imunisasi ini akan bekerja selama kurang lebih 2 minggu dan efektif untuk mencegah terjadinya serangan dari virus penyakit ini.

3. Menjaga kebersihan
Menjaga kebersihan lingkungan terutama di dalam rumah serta sekitar rumah menjadi langkah yang baik untuk mencegah penyakit ini.

4. Berhati – hati dengan orang yang diduga mengidap penyakit hepatitis
Selalu berhati - hati jika kita berhubungan dengan orang yang diduga mengidap penyakit hepatitis.

5. Tidak melakukan hubungan yang menyimpang
Hubungan yang bukan suami atau istri disamping merupakan perbuatan dosa, hubungan ini bisa menjadi penularan penyakit hepatitis jika salah satu mengidap penyakit ini.

6. Donor darah dari penderita hepatitis
Donor darah dari seorang penderita hepatitis bisa menyebabkan penularan terhadap orang yang diberi donor. Namun kemungkinan ini kecil karena saat mendonorkan darah biasanya akan dipastikan terlebih dahulu jika orang tersebut tidak mengalami sakit apapun.

Tips cara mencegah penyakit hepatitis lainnya :

1. Menghindari makanan berupa buah atau sayur yang menimbulkan gas seperti nangka, lobak, kacang merah, singkong, ketimun, kol, durian dll
2. Hindari makanan dengan pengawet. Contoh dari beberapa makanan yang mengandung pengawet seperti ikan / sosis kaleng, kornet, mie instan dll
3. Menghindari makanan dengan kandungan lemak tinggi, seperti daging dengan lemak, kulit ayam dsb.
4. Selalu memperbanyak konsumsi makanan berserat seperti sayur – sayuran berupa, kangkung, wortel, bayam, kacang panjang, buncis dll.
5. Menghindari makanan seperti daging babi, usus, babat, santan kental, sumsum, otak dll
6. Menghindari beberapa bahan makanan seperti margarin / mentega, minyak kelapa serta minyak hewan
7. Membatasi makanan berdaging. Jika suka daging ayam sebaiknya konsumsi tanpa kulit.
8. Konsumsi susu skim yang merupakan susu rendah lemak
9. Tidak berlebihan di dalam mengkonsumsi kuning telur, maksimal 3 butir telur dalam 1 minggu
10. Membatasi makanan serta minuman yang manis. Disamping dapat mencegah hepatitis, menghindari dari konsumsi makanan dan minuman manis juga dapat menurunkan resiko gula darah naik.

Nah itulah cara mencegah hepatitis yang merupakan penyakit  yang harus segera mendapat penanganan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda semua.