Penyebab Penyakit TBC, Penularan Serta Cara Mengobati Secara Alami

Penyakit TBC adalah salah satu penyakit  paru berupa batuk yang tidak sembuh – sembuh. Penyebab penyakit TBC adalah kuman TBC. Untuk menyembuhkan penyakit TBC harus dilakukan terapi secara tuntas. Sebelum proses penyembuhan dilakukan, perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan mengambil sampel lendir serta pemeriksaan rontgen untuk memastikan jika si pendirita terkena penyakit TBC. 

Penyebab Penyakit TBC, Penularan Serta Cara Mengobati Secara Alami

Penyebab penyakit TBC

Seperti telah disinggung diatas, penyebab penyakit TBC adalah kuman. Kuman ini diberi nama Mycobacterium tuberculosis. Penderita TBC harus mendapat terapi medis secara intensif. Dapat juga dibarengi dengan penyembuhan secara alami yakni untuk menambah atau meningkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan kinerja organ paru – paru penderita TBC.

Gejala penyakit TBC

  • Ada beberapa gejala penyakit TBC antara lain :
  • Batuk berdarah
  • Frekwensi batuk terbilang sering
  • Tenggorokan penderita akan terasa gatal
  • Jika berjalan jauh maka akan merasakan sesak nafas
  • Mengalami demam tinggi
  • Saat tertidur terkadang akan tersedak dimana disebabkan oleh cairan yang keluar dari organ paru ke saluran pernafasan pada bagian atas


Bagaimana penularan penyakit TBC?

Penyebab penyakit TBC pada seseorang dapat dikarenakan tertularnya orang tersebut melalui batuk  serta bersin dari penderita TBC. Kuman yang dikeluarkan melalui bersin atau batuk bisa menyebar ke udara dan terhirup oleh orang lain sehingga orang tersebut dapat tertular. Jika seseorang tidak mendapatkan vaksin BCG maka jika menghirup udara yang terkandung bacteri Mycobacterium tuberculosis maka bisa tertular.


Cara mengobati penyakit TBC secara alami

Seperti telah disinggung diatas, selain melakukan pengobatan secara medis, penyakit TBC juga bisa diobati menggunakan ramuan tradisional. Berikut cara alami menyembuhkan penyakit TBC dengan ramuan tradisional.

1. Ramuan tradisional alami 1 :

Bahan :
3 lembar daun sirih
7 biji kemukus
7 biji cengkih
1 jari kayu manis
7 biji kapulaga

Cara membuatnya :
Siapkan air 4 gelas untuk merebus bahan – bahan diatas. Sisakan air sekitar 2 gelas saja. Setelah disaring, diamkan air rebusan tersebut sampai dingin. 

Cara pakai :
Untuk minum air rebusan tersebut sangat dianjurkan untuk meminum 3 kali sehari dengan ukuran seperempat gelas setiap minumnya.

2. Ramuan tradisional alami 2

Bahan – bahan :
¼ gelas perasan air buah mengkudu
1 sendok makan air jeruk nipis
1 sendok makan perasan kunyit

Cara membuat dan memakainya :
Campur bahan – bahan tersebut kemudian rebus selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya minum ramuan alami ini 1 kali sehari sebanyak seperempat gelas sebelum tidur.

3. Ramuan tradisional alami 3

Bahan – bahan :
25 gr pegagan
20 gr sambiloto
20 gr daun sendok
10 gr adas
2 sendok jeruk nipis
4 gelas air

Cara membuat :
Bersihkan dahulu bahan – bahan tersebut, kemudian potong kecil – kecil kemudian semua bahan tersebut direbus dan disisakan  2 gelas saja.  Selanjutnya tinggal disaring dan dinginkan.

Cara memakai :
Minum rebusan bahan alami tersebut 2 kali sehari yakni pada waktu pagi dan sore hari

Nah itulah 3 ramuan alami untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit TBC. 


Cara mencegah penyakit TBC

Untuk mencegah penyakit TBC serta meminimalisir timbulnya penyebab penyakit TBC biasanya dilakukan dengan cara imunisasi BCG sebanyak satu kali saat bayi berumur 2 bulan. Selain itu kita harus menjaga kebersihan rumah dan tidak meludah disembarang tempat. Jika terlihat gejala dan tanda – tanda TBC maka segera periksakan ke puskemas terdekat.

Nah itulah penjelasan mengenai penyebab penyakit TBC, penularan penyakit TBC, serta cara mengobati penyakit TBC secara alami dengan ramuan tradisional. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.