Ciri – Ciri Penyakit Jantung Lemah, Bahaya dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa ciri – ciri penyakit jantung lemah yang perlu diperhatikan agar nantinya gejala penyakit jantung lemah ini tidak semakin berat. Dengan mengetahui ciri – ciri penyakit jantung lemah maka kita dapat menghindari resiko penyakit jantung yang bisa menyebabkan kematian. Bahaya jantung lemah akan membuat nyawa seseorang tidak tertolong. Akibat jantung lemah ini juga dapat membuat seseorang sangat terganggu dalam aktifitas sehari – hari. Untuk itu kita juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi jantung lemah agar nanti tidak terlanjur parah dan dapat mengakibatkan kematian mendadak.

Ciri – Ciri Penyakit Jantung Lemah, Bahaya dan Cara Mengatasinya

Dalam sistem sirkulasi tubuh manusia, jantung menjadi organ vital yang berfungsi untuk memompa darah dari jantung keseluruh tubuh. Darah akan membawa oksigen dan karbondioksida yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh sebagai sisa metabolisme pada jaringan atau sel tubuh manusia. Dalam memompa darah, jantung akan digerakkan oleh kontraksi otot jantung.

Organ jantung akan menerima darah yang kaya oksigen dan kaya karbondioksida dimana oksigen ini dibawa oleh darah yang dipompa jantung dan akan diedarkan keseluruh jaringan tubuh termasuk otak. Kemudian karbondioksida akan dibawa oleh darah untuk dikeluarkan melalui organ pernafasan sebagai hasil sisa metabolisme bersama dengan uap air.

Kekurangan pasokan oksigen akan membuat tubuh menjadi lemah dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Dengan mengetahui cara kerja jantung ini, maka kita semakin mengetahui pentingnya menjaga kesehatan organ jantung serta mengetahui bahaya jantung lemah.

Kondisi organ jantung yang lemah terlihat jika otot jantung dalam keadaan lemah untuk melakukan kontraksi atau menggerakkan organ jantung sehingga darah juga tidak maksimal beredar keseluruh tubuh.

Ciri ciri penyakit jantung lemah

1. Sesak pada organ pernafasan
Sesak pada organ pernafasan bisa menjadi salah satu ciri penyakit jantung lemah. Hal ini bisa di sebabkan kurangnya aliran darah yang lancar serta asupan oksigen keseluruh tubuh karena kondisi jantung yang semakin lemah dalam memompa darah menuju keseluruh tubuh sehingga organ pernafasan juga akan ikut terganggu. Kejadian ini terjadi terutama pada saat melakukan aktifitas olah raga.

2. Mudah lelah
Ciri – ciri penyakit jantung lemah ditandai oleh kondisi tubuh yang mudah lelah dikarenakan sirkulasi darah tidak lancar lantaran kemampuan jantung dalam memompa darah semakin menurun. Hal ini menyebabkan beberapa bagian tubuh kurang pasokan oksigen. Kondisi demikian akan menyebabkan penderita akan kesulitan di dalam melakukan aktifitas sehari hari, bahkan aktifitas sederhana sekalipun seperti, naik turun tangga, berjalan yang cukup jauh atau mengangkat beban.

3. Batuk keras dan menahun
Akibat jantung lemah membuat organ pernafasan lainnya terganggu, seperti paru – paru yang akan memproduksi lendir dan dahak yang dapat bercampur darah sehingga bisa menyebabkan batuk kronis atau batuk dalam jangka waktu yang lama.

4. Kepala pusing
Kondisi kepala pusing bisa merupakan salah satu ciri jantung lemah. Hal ini disebabkan otak yang kurang suplai oksigen dari darah yang dipompa oleh jantung. Jika Anda sering mengalami kepala pusing diikuti tanda lainnya, maka segera periksakan kedokter.

5. Jantung berdetak tidak teratur
Kondisi jantung lemah membuat detak jantung menjadi tidak teratur. Terkadang jantung menjadi berdetak cepat, hal ini disebabkan oleh darah yang dipompa dengan cepat dan menjadi detak jantung tidak beraturan.

6. Nafsu makan menurun
Kurang lancarnya pasokan darah ke beberapa organ seperti liver membuat racun – racun dalam darah yang akan dihancurkan oleh organ liver ini semakin meningkat. Hal ini akan menyebabkan mual dan menggangu organ pencernaan kita, sehingga nafsu makan akan menurun.

7. Kaki bengkak
Kaki bengkak dalam jangka waktu yang lama bisa diindikasikan karena kondisi penyakit jantung lemah. Oleh karena itu segera periksakan segera jika terdapat ciri – ciri kaki bengkak yang tidak kunjung hilang.

Cara mengatasi jantung lemah

Beberapa cara untuk mengatasi jantung lemah adalah menerapkan gaya hidup sehat termasuk melakukan pola makan yang sehat. Berikut cara mengatasi jantung lemah :

1. Jaga berat badan dengan melakukan olah raga teratur
Joging, jalan kaki merupakan olah raga ringan dan sederhana untuk menjaga kebugaran tubuh serta menurunkan berat badan sehingga dapat membantu kesehatan tubuh termasuk organ jantung. Namun, jika sudah terkena jantung lemah, maka dilarang untuk olah raga berat. Lakukan olah raga yang ringan saja namun teratur dalam keseharian Anda.

2. Konsumsi makanan kaya serat hindari makanan berlemak
Konsumsi makanan berserat sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh terutama sistem pencernaan. Selain itu, menghindari makanan berlemak dan berkolestrol akan membantu kesehatan terutama jantung kita.

3. Batasi kadar garam
Jantung lemah erat kaitannya dengan kondisi darah dalam pembuluh dan berhubungan dengan tekanan darah. Konsumsi garam yang berlebihan akan membuat tekanan darah naik dan membuat jantung juga bekerja lebih ekstra.

4. Hindari stress
Hindari stress yang dapat menyebabkan kondisi tubuh menurun. Sistem kekebalan tubuh juga akan menurun sehingga dapat menyebabkan tubuh semakin lemah termasuk organ jantung juga akan terganggu.

5. Hentikan konsumsi rokok dan alkohol
Jika Anda mengkonsumsi alkohol dan rokok maka segera hentikan jika Anda ingin sembuh dari penyakit jantung lemah. Zat yang ada pada rokok dan alkhol akan membuat darah menjadi kotor dan bisa terjadi penyumbatan pada pembuluh darah sehingga darah kurang lancar beredar dan mengakibatkan otot jantung bekerja ekstra keras memompa darah. Hal ini akan menyebabkan jantung menjadi lemah.

6. Istirahat yang cukup
Istirahat sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan organ bekerja dan beristirahat. Jika kurang tidur secara terus menerus maka akan menggangu sistem kerja organ termasuk organ vital jantung serta organ tubuh lainnya.

7. Selalu cek kesehatan ke dokter
Lakukan cek up ke dokter minimal 1 bulan sekali. Hal ini akan membantu Anda untuk mengatasi penyakit jantung lemah Anda, menjaga agar penyakit tersebut tidak semakin berat. Dengan memantau kesehatan penyakit jantung lemah, maka kita bisa mengontrol kesehatan kita dan meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Baca juga :


Demikian pembahasan mengenai ciri ciri penyakit jantung lemah, bahaya jantung lemah serta bagaimana cara mengatasi jantung lemah. Dengan mengetahui akibat jantung lemah yang sangat berbahaya ini, diharapkan kita selalu menjaga kesehatan dengan melakukan cara – cara diatas. Semoga bermanfaat!