Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Liver Secara Alami?

Cara mencegah penyakit liver secara alami bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah atau bahan – bahan alami. Beberapa pantangan makanan untuk penyakit liver juga sebaiknya diperhatikan karena makanan yang mengandung zat tersebut dapat menyebabkan timbulnya gangguan liver. Organ liver atau hati sendiri adalah salah satu organ penting pada tubuh kita yang berfungsi di dalam membantu membersihkan darah, menyingkirkan zat – zat kimia serta memecah lemak untuk disimpan dalam bentuk karbohidrat yang dipakai untuk cadangan energi.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Liver Secara Alami?

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit liver, sebaiknya kita juga mengetahui penyebab penyakit liver. Beberapa penyebab dari munculnya penyakit liver adalah serangan virus hepatitis yang lebih kita kenal dengan hepatitis A, B C, D serta E. Hepatitis A adalah hepatitis yang disebabkan oleh penularan virus melalui makanan sehingga kita dianjurkan untuk mencegah dengan menghindari mengkonsumsi makanan yang kurang higienis dan kurang bersih. Virus dari hepatitis A juga dapat menyebabkan penyakit kuning. Untuk mengetahui jenis – jenis penyakit hepatitis, Anda dapat membacanya di artikel : Apa itu Penyakit Hepatitis? Bagaimana Pencegahannya?

Beberapa perilaku atau  gaya hidup yang tidak baik bisa menyebabkan gangguan penyakit liver. Cara mencegah penyakit liver secara alami terkait dengan kebiasaan buruk seperti meninggalkan kebiasaan mengkonsumsi alkohol. Mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan hati menjadi berlemak dan jika kebiasaan ini tidak ditinggalkan maka bisa terserang penyakit liver tingkat akut.

Cara mencegah penyakit liver lainnya yakni menghindari kebiasaan buruk selain mengkonsumsi alkohol, seperti mengkonsumsi makanan yang tidak sehat (junkfood dan fast food) dan merokok.

Selain itu untuk mencegah penyakit liver kita juga dianjurkan untuk tidak terlalu berlebihan di dalam mengkonsumsi makanan berminyak seperti gorengan, mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan lemak serta minuman bersoda. Kita dianjurkan untuk berolah raga dan istirahat yang cukup serta meninggalkan dari kebiasaan yang kurang baik seperti begadang sampai larut malam.

Cara mencegah penyakit liver secara alami

Untuk mencegah penyakit liver secara alami maka kita juga harus mengetahui pantangan makanan untuk penyakit liver. Penjelasannya seperti dibawah ini :

1. Membatasi konsumsi sodium
Hal pertama yang harus kita ketahui mengenai cara mencegah penyakit liver adalah mengetahui pantangannyaPantangan makanan untuk penyakit liver diantaranya adalah membatasi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak sodium karena cairan ini dapat menyebabkan pembekakan hati jika dikonsumsi secara berlebihan. Jika seseorang mulai menunjukkan gejala terserang penyakit liver maka kemampuan darah pada orang tersebut dalam mempertahankan cairan akan berkurang. Hal ini dikarenakan sintesis protein yang mengalami penurunan pada organ hati.

Beberapa makanan yang mengandung sodium atau natrium yang tinggi seperti sayur yang tersimpan di dalam kaleng, makanan ringan dengan kemasan, bumbu di dalam suatu kemasan, daging olahan yang tersimpan dalam kaleng serta keju dalam kemasan.

2. Konsumsi makanan dengan bahan bawang putih
Bawang putih mengandung selenium dan allicin yang bisa melakukan pembersihan organ hati serta membantu organ hati untuk mengeluarkan racun dalam darah. Bawang putih juga mengandung zat anti oksidan yang tinggi.

3. Jeruk Bali
Cara mencegah penyakit liver secara alami bisa dengan mengkosumsi buah jeruk bali. Buah untuk penyakit liver yang satu ini memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Kandungan ini telah diteliti bisa membersihkan organ hati secara alami. Untuk mengambil manfaat dari jeruk bali ini, kita bisa mengkonsumsi 1 gelas perasan jeruk Bali. Perasan air jeruk Bali ini dikonsumsi untuk menghilangkan racun atau detoksifikasi dalam tubuh.

4. Konsumsi wortel
Selain mengandung Vitamin C dan Vitamin A, wortel juga mengandung senyawa beta karoten dan juga flavonoid dimana ini mampu membantu organ hati meningkatkan fungsinya secara penuh.

5. Mengkonsumsi teh  hijau
Teh hijau dikenal dengan khasiatnya sebagai bahan alami untuk diet atau membantu program menurunkan berat badan. Selain itu, teh hijau bisa membantu meningkatkan fungsi kerja liver karena adanya kandungan catechin dalan teh  hijau.

6. Konsumsi sayuran hijau
Cara mencegah penyakit liver secara alami  lainnya adalah dengan rajin mengkonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau merupakan salah satu makanan yang kaya serat dan penting untuk membantu sistem pencernaan. Tidak hanya itu, sayuran hijau juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja organ hati karena kandungan klorofil yang mampu menyerap racun serta menetralisir unsur logam berat lainnya dalam tubuh sehingga kinerja hati akan semakin ringan.

Selain mengkonsumsi bahan alami diatas kita masih bisa mengkonsumsi buah untuk penyakit liver lainnya seperti buah apel yang kaya dengan antioksidan untuk membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Cara mencegah penyakit liver lainnya adalah dengan mengkonsumsi buah lemon, berbagai biji – bijian serta tanaman obat lainnya seperti kunyit dan kubis kenari.

Selain cara mencegah penyakit liver secara alami menggunakan buah atau bahan alami diatas kita juga diharuskan menghindari makanan dengan kandungan lemak jenuh. Keadaan seseorang yang mengalami penyakit liver biasanya ditandai dengan menurunnya berat badan. Kemampuan liver dalam menyerap lemak juga akan mengalami penurunan. Disini penderita penyakit liver akan dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak sehat / lemak baik agar memiliki cadangan lemak pada tubuhnya untuk digunakan sebagai cadangan energi dalam tubuh.

Hati menjadi salah satu organ tubuh yang sangat penting yang berperan di dalam menghilangkan racun dalam tubuh, membantu merobak sel – sel darah yang telah rusak dan telah tua serta menghasilkan cairan empedu  yang mengandung garam, mineral, kolestrol fosfolipid serta air. Selain itu cairan empedu mengandung biliverdin dan bilirubin yang berperan di dalam warna khas urin dan feses.

Jika seseorang terganggu organ livernya, maka pembuluh empedu dapat mengalami penyumbatan dikarenakan adanya endapan dari kolestrol yang membentuk batu empedu. Hal demikian menyebabkan feses berwarna cokelat abu – abu. Jika pembuluh empedu mengalami penyumbatan maka cairan empedu dapat masuk kedalam peredaran pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan darah berwarna kekuning - kuningan. Inilah kenapa orang yang mengalami gangguan penyumbatan empedu dikatakan memiliki penyakit kuning.

Organ liver atau hati berperan sebagai organ ekskresi atau organ yang berperan di dalam membuang bahan – bahan terutama bahan beracun seperti bahan – bahan dari obat – obatan yang kita konsumsi, alkohol, asam laktat serta zat ammonia.

Proses metabolisme dalam hati ini akan memberikan dampak yakni meningkatnya timbunan asam laktat dalam tubuh. Timbunan asam laktat ini membuat badan menjadi pegal – pegal terutama pada otot.

Namun organ hati akan berusaha mengubahnya menjadi glikogen yakni sejenis karbohidrat yang dapat dipakai sebagai sumber energi pada tubuh dan disimpan pada otot.

Pada metabolisme protein, hasil sampingannya berupa zat ammonia yang merupakan zat racun yang membahayakan bagi tubuh. Namun organ hati mengubahnya menjadi urea dan mengeluarkannya bersamaan dengan air kencing. 

Dari uraian ini maka kita sedikit banyak mengetahui pentingnya fungsi hati bagi tubuh kita.  Sebagai salah satu organ ekskresi, hati merupakan salah satu organ vital yang harus terus dijaga kesehatannya. 

Nah, demikian pembahasan mengenai cara mencegah penyakit liver secara alami. Beberapa jenis sayuran serta buah untuk penyakit liver bisa kita konsumsi dalam keseharian kita. Beberapa pantangan makanan untuk penyakit liver juga harus kita hindari agar kesehatan organ hati kita tetap terjaga. Silahkan share ke teman dan kerabat Anda agar mereka ikut mengetahui pentingnya menjaga kesehatan organ liver atau hati agar terhindar dari penyakit liver.