Syarat Menu Sarapan Pagi Yang Sehat Dan Bergizi

Sebelum memulai aktifitas dipagi hari, sarapan pagi menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi sebagian besar masyarakat. Makanan sarapan pagi akan memberikan kita tenaga  dan energi sehingga aktifitas kita bisa berjalan dengan baik. Namun bagaimana menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi baik bagi tubuh kita?

Syarat Menu Sarapan Pagi Yang Sehat Dan Bergizi

Menurut ketua umum Pergizi Pangan, Hardinsyah mengatakan jika sarapan pagi memiliki 4 manfaat yang sering disingkat SKCC yakni sehat, kuat, cerdas dan ceria. 

Menu sarapan pagi yang sehat jika memenuhi dua syarat utama yakni waktu serta komposisi gizi yang sehat. Waktu sarapan pagi yang tepat bagi tubuh kita adalah di pagi hari sebelum jam 9 pagi. Hal ini disebabkan tubuh mulai mengalami kondisi yang menurun setelah tidak mengkonsumsi makanan antara 10 sampai 12 jam.

Dikatakan menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi jika menu makanan tersebut memiliki komposisi makanan atau minuman yang mengandung gizi seimbang. Komposisi makanan sarapan pagi yang tepat mengandung sejumlah zat seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat, mineral dan air. Menu sarapan pagi sehat harus mengandung zat padat dan zat cair.  Kombinasi ini sangat penting dan diperlukan oleh tubuh. Jumlah makanan sarapan pagi tidak harus banyak saja, namun juga harus mengandung gizi yang tepat.

Dengan tidak meninggalkan makanan pagi, maka tubuh akan mendapatkan energi sehingga kita memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai aktifitas. 

Sering kali jika kita meninggalkan sarapan pagi maka tubuh akan cepat lelah, konsentrasi menurun dan cepat mengantuk. Makan di pagi hari memberikan beberapa zat terutama gula untuk energi bagi tubuh kita. Jika kita kekurangan asupan gula melalui menu makan pagi kita maka tubuh akan cepat merasa capek dan mengantuk. Sarapan pagi juga akan mengontrol berat badan kita agar tidak mudah naik. Hal ini dikarenakan jika melakukan sarapan pagi maka kita tidak akan mudah mengkonsumsi makanan kecil atau istilahnya ngemil. 

Lalu, menu sarapan pagi apa saja yang sehat dan dianjurkan?

Untuk karbohidrat sebaiknya konsumsi dari sumber makanan seperti roti gandum, beras merah, sayuran serta buah – buahan. Untuk asupan karbohidrat sebaiknya tidak berlebihan karena jika berlebihan maka dapat disimpan di dalam tubuh dan menjadi timbunan lemak sebagai akar dari permasalahan kegemukan.

Untuk kebutuhan protein, Anda dapat mengkonsumsi telur, daging sapi, kacang kedelai, kacang hijau, tempe, tahu atau telur bebek. Kandungan dari bahan makanan ini kaya akan protein.

Untuk lemak, sebaiknya juga tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung zat lemak ini. Lemak merupakan penghasil energi terbesar bagi tubuh. Jika kita mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging sapi atau telur ayam, maka selain kandungan protein yang kita dapat, lemak dari kedua makanan tersebut juga untuk kebutuhan energi tubuh. Hal terpenting dari kebutuhan lemak bagi tubuh adalah tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat seperti gajih  karena dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti meningkatnya kolestrol serta memicu penyakit penyumbatan pada pembuluh darah karena endapan pada pembuluh darah.

Untuk vitamin, maka kebutuhan mulai dari vitamin A, B, C, D, E dan K sangat penting bagi tubuh. Kekurangan salah  satu dari vitamin tersebut dapat menyebabkan beberapa gangguan.

Untuk kebutuhan mineral, maka mineral makro atau mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak harus perlu diperhatikan dan dipenuhi oleh tubuh. Beberapa mineral seperti kalsium, fosfor sangat diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan tulang dan gigi khususnya untuk mereka yang masih dalam masa perkembangan. Bagi mereka yang berusia diatas 30 tahun, kebutuhan mineral makro tersebut dapat menjaga tulang keropos (terutama kalsium dan fosfor).

Selain zat – zat makanan yang terkandung pada menu sarapan pagi kita tersebut, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan tubuh dengan air. Air merupakan bagian utama bagi tubuh. Air memiliki fungsi penting bagi tubuh antara lain sebagai pengatur suhu tubuh, katalisator, sebagai pelarut dan alat angkut, sebagai pelumas, peredam benturan dan sebagai media berlangsungnya suatu reaksi kimia.

Dengan memenuhi kebutuhan menu sarapan pagi dengan zat – zat makanan seperti diatas, maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Dengan tubuh sehat maka dalam menjalankan berbagai aktifitas dalam keseharian akan lebih terasa bergairah penuh energi. Selain itu dengan memenuhi gizi seimbang terutama dalam memenuhi menu makanan sarapan pagi, maka tidak terasa kita telah merawat tubuh kita agar tetap sehat dalam jangka panjang.