Cara Cepat Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami Tanpa Obat

Sudah banyak artikel yang membahas tentang cara cepat mengobati sakit gigi berlubang di internet. Cara mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak ini bisa menggunakan cara – cara alami. Memang, saat ini sudah banyak tersedia obat sakit gigi. Namun tidak ada salahnya kami berikan ulasan mengenai cara menyembuhkan sakit gigi menggunakan bahan – bahan alami. 


Sakit gigi merupakan penyakit yang sangat umum dan banyak di jumpai ditengah masyarakat. Penyakit sakit gigi merupakan akumulasi dari tidak bersihnya gigi serta perawatan yang kurang sehingga timbul penyakit sakit gigi.

Pada bagian gigi ada yang namanya pulpa gigi yang terbagi menjadi pembuluh darah, jaringan serta saraf – saraf gigi yang sensitif. Sakit gigi ini bisa muncul saat terjadi peradangan pada pulpa gigi. Peradangan yang parah akan menimbulkan rasa linu pada gigi, terjadi bengkak, nyeri di bagian gigi dan area sekitarnya.

Peradangan tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti penumpukan nanah pada dasar gigi, kerusakan gigi berlubang, penumpukan nanah serta infeksi bakteri, rusaknya tambalan gigi serta bisa juga disebabkan terjepitnya antara gigi satu dengan gigi lainnya saat tumbuh.

Gejala gigi berlubang bisa dirasakan sampai sakit kepala, demam, sakit pada rahang dan lain – lain. Tingkat keparahan dari penyakit gigi ini juga tergantung dari kondisi seseorang. Rasa nyeri ini bisa timbul berulang ulang.

Penulis sendiri beberapa kali mengalami sakit gigi. Bahkan untuk yang kedua kalinya, dokter menyarankan untuk mencabut. Padahal sebelumnya telah melakukan cabut gigi. Namun dari pengalaman pribadi, jika gigi tersebut masih bisa diatasi dengan selalu menjaga kebersihan mulut, maka mencabut gigi menjadi opsi terakhir. 

Nah bagaimana cara cepat mengobati sakit gigi berlubang secara alami tanpa harus dicabut?
1. Air garam
Cara cepat mengobati sakit gigi berlubang pertama adalah dengan garam.  Beberapa hal yang umum dilakukan oleh orang adalah dengan berkumur menggunakan air garam.  Anda cukup menyediakan air hangat dan garam secukupnya. Selanjutnya tuangkan kedalam gelas yang sudah berisi air hangat. Pastikan garam sudah larut, kemudian buatlah kumur kurang lebih setengah menit.
Jika gigi sudah tidak terasa sakit sebaiknya tidak melakukan kumur dengan air garam karena bisa menyebabkan gigi menjadi keropos. Selanjutnya bersihkan dengan air hangat.

2. Bawang putih
Untuk menghilangkan atau meredakan rasa sakit pada gigi, kita biasanya menggunakan bawang putih. Bawang putih berperan sebagai antiseptik yang ampuh. Ini merupakan cara tradisional yang sering di pakai oleh masyarakat untuk menghilangkan sakit gigi.

Anda cukup menempelkan bawah putih yang sudah ditumbuk kasar dan tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Anda dapat menambahkan sedikit garam halus pada tumbukan bawang tersebut. Tempelkan kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

3. Belimbing wuluh
Cara cepat mengobati sakit gigi lainnya adalah dengan belimbing wuluh. Belimbing wuluh memiliki rasa yang tidak enak. Namun dibalik rasanya yang tidak enak, belimbing wuluh berkhasiat dalam menghilangkan bakteri pada gigi. Anda cukup menyiapkan belimbing wuluh yang belum matang kemudian ditumbuk dan tempelkan di area gigi yang sakit. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

4. Jeruk nipis
Cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat bisa menggunakan perasan jeruk nipis. Untuk meredakan sakit gigi, kita bisa menggunakan bahan jeruk nipis. Jeruk nipis berperan di dalam menghilangkan bakteri pada gigi karena bersifat sebagai antibiotik. Cukup peras jeruk nipis tersebut kemudian airnya bisa di berikan pada area gigi berlubang. Tunggu sampai 10 sampai 15 menit. Kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat.

5. Serai
Cara cepat mengobati sakit gigi  secara alami lainnya adalah menggunakan serai. Bagi ibu – ibu yang selalu berkutat di dapur tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya serai. Serai bisa digunakan untuk mengobati gigi dan gusi bengkak. 

Caranya adalah sebagai berikut :
  • Siapkan serai 40 gr + air panas 2 gelas
  • Rebus secara bersamaan serai dan air panas tersebut kemudian sisakan 1 gelas saja
  • Angkat dan diamkan terlebih dahulu sampai suhu air turun
  • Gunakanlah rebusan serai tadi untuk kumur selama 15 menit
  • Selain untuk dapat mengobati gigi, rebusan serai ini juga bisa untuk memutihkan gigi.


6. Getah jarak
Cara mengobati gigi berlubang selanjutnya adalah menggunakan getah jarak. Ini merupakan cara tradisional dan kuno dari jaman nenek moyang kita. Getah jarak mengandung antibiotik yang ampuh untuk menghilangkan bakteri dalam mulut dan gigi.

Cara cepat mengobati sakit gigi dengan getah jarak :
  • Siapkan bagian dari batang pohon jarak yang masih segar
  • Teteskan getah jarak pada gigi berlubang sampai rata.
  • Diamkan kurang lebih 30 menit, kemudian kumurlah menggunkaan air hangat sampai bersih.


7. Cabe rawit
Cara cepat mengobati sakit gigi lainnya dengan bahan yang mudah kita dapat yakni menggunakan cabe rawit. Jenis cabe ini menggunakan capcaisin yang bisa meredakan radang pada gigi. Memang rasanya sangat pedas namun cara ini bis amengobati gigi berlubang Anda. Namun janganlah berebihan karena nantinya bisa menyebabkan diare pada perut Anda.

Cara cepat mengobati sakit gigi menggunakan cabe rawit :
  • Pilih cabe rawit yang masih hijau
  • Tumbuk sampai menjadi halus kemudian campur dengan sedikit air panas
  • Gunakan campuran tersebut untuk berkumur kurang lebih 15 menit
  • Lakukan sampai rasa sakit tersebut hilang


8. Daun jambu biji
Belum banyak yang mengetahui jika daun jambu biji bisa dipakai sebagai bahan untuk mengobati sakit gigi. Namun kenyataanya daun jambu biji ini bisa mengobati sakit gigi berlubang karena bisa membunuh kuman – kuman di dalam gigi. Selain itu, Daun jambu bisa dipakai untuk menghilangkan bau mulut seseorang.

Cara cepat mengobati sakit gigi menggunakan daun jambu biji :
  • Tumbuk daun jambu biji yang masih muda secukupnya
  • Setelah halus, tinggal tempelkan pada area gigi berlubang kurang lebih setengah jam
  • Bilaslah dengan air hangat sampai bersih


Nah demikian pembahasan mengenai cara cepat mengobati sakit gigi menggunkaan bahan – bahan alami yang mudah kita dapat. Meski banyak cara menyembuhkan sakit gigi, bahkan sakit gigi berlubang yang parah sekalipun, namun hal yang paling penting adalah menjaga kebersihan gigi itu sendiri. Sebaiknya selalu menyikat gigi di malam hari sebelum tidur agar gigi kita menjadi bersih dan tidak mudah merasakan sakit gigi.