Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita Beda Dengan Pria? Ketahui Juga Pencegahannya!

Gejala penyakit jantung pada wanita bisa saja berbeda dengan apa yang di alami pada lelaki. Gejala penyakit lemah jantung pada wanita tidak selalu mengalami tanda – tanda klasik seperti nyeri di dada yang biasanya turun ke satu lengan. Memang, tanda dan gejala penyakit jantung seperti ini masih bisa di rasakan pada sebagian wanita bahkan bisa terjadi pada wanita muda. Namun banyak wanita yang merasakan gejala yang samar – samar  atau gejala tersebut sulit untuk dideteksi. Oleh karena itu, para wanita juga sebaiknya waspada, dan kali ini kita akan bahas mengenai gejala penyakit jantung dan pencegahannya khusus bagi Anda para wanita.

Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita Berbeda Dengan Laki – laki?

Berikut beberapa gejala penyakit jantung pada wanita yang harus diperhatikan agar nantinya tidak berlanjut menjadi lebih parah lagi :

1. Nyeri pada dada dan dada terasa tidak nyaman
Nyeri pada bagian dada merupakan tanda dan gejala  penyakit jantung yang paling umum dirasakan baik laki – laki maupun perempuan.  Namun pada perempuan akan sedikit berbeda dari laki – laki. Pada wanita dada akan serasa diremas atau terasa kepenuhan, kemudian rasa sakit tersebut bisa dirasakan di bagian tubuh mana saja, bukan hanya dibagian kiri saja. Tanda dan gejala penyakit jantung ini membuat dada Anda merasakan sesuatu yang tidak enak dan serasa tidak nyaman. Seperti perkataan Direktur Women’s  Cardiovascular Services, Rita Redberg, MD dari Universitas Califonia, San Francisco yang mengatakan “gejala penyakit jantung pada wanita seperti mengikat bagian dada dengan sesuatu yang ketat”

2. Nyeri pada lengan, leher pungggung serta rahang
Gejala jantung pada perempuan yang yang paling sering  adalah nyeri pada area punggung, rahang, leher dan lengan.

Rasa sakit ini akan terjadi secara bertahap atau bisa tiba – tiba dan bisa saja akan hilang secara perlahan – lahan sebelum kemudian secara tiba – tiba menjadi intens. Jika sedang tidur, bisa saja serangan tersebut membuat Anda terbangun. Jika Anda mengetahui tanda dan gejala seperti ini maka harus segera memeriksakan ke dokter untuk mencegah penyakit jantung lebih parah lagi.

3. Sakit dibagian perut
Seorang ahli penyakit jantung Nieca Goldberg, MD berkata jika gejala penyakit jantung pada wanita bisa dirasakan seperti rasa sakit pada perut. Perut terasa seperti tertindih dengan sesuatu yang berat atau kata orang seperti gajah duduk di perut. Namun sebagian perempuan mungkin akan mengira jika gejala tersebut merupakan gejala penyakit perut bisa seperti maag atau tukak lambung. Padahal gejala tersebut bisa mengindikasikan ke penyakit jantung.

4. Mual, pusing dan sesak nafas
Jika anda memiliki tanda dan gejala seperti sulit bernafas tanpa sebab yang jelas maka bisa di indikasikan sedang mengalami serangan penyakit jantung. Hal ini jika Anda memiliki lebih dari satu tanda lain dari penyakit jantung. Gejala nya adalah seperti Anda baru saja berlari kencang atau lari maraton, namun kenyataanya Anda tidak melakukan aktifitas lari tersebut.

5. Mudah lelah
Tanda penyakit jantung pada perempuan lainnya adalah sering merasakan lelah padahal mereka tidak melakukan aktifitas berarti. Kelelahan bisa di alami pada bagian tubuh terutama bagian dada, bahkan mereka tidak bisa melakukan aktifitas yang mudah sekalipun seperti berjalan ke kamar mandi.

6. Keringat dingin
Tanda dan gejala penyakit jantung yang umum pada wanita adalah adanya keringat dingin pada tubuh nya. Munculnya keringat dingin ini tanpa adanya cuaca atau suhu yang panas. Munculnya keringat ini seperti disebabkan oleh stress.


Pencegahan penyakit jantung

Pencegahan penyakit jantung sangat diperlukan sebelum terlanjur penyakit tersebut hinggap pada tubuh kita. Berikut beberapa langkah sederhana dalam melakukan pencegahan penyakit jantung :

1. Tidak merokok
Rokok terbukti bisa memicu penyakit jantung serta beberapa penyakit berat lainnya seperti stroke dan kanker. Rokok mengandung nikotin yang dapat memicu munculnya arteisklerosis yaitu penyumbatan pembuluh arteri yang mana akan memicu munculnya penyakit jantung.

2. Memperhatikan pola makan
Pola makan sebaiknya di atur dengan memperhatikan kandungan gizi serta menghindari makanan – makanan yang tidak sehat seperti makanan yang mengandung lemak dan kolestrol. Makanan seperti jeroan serta makanan yang mengandung minyak sebaiknya dihindari. Untuk mencegah penyakit jantung sebaiknya beralih ke makanan seperti buah dan sayur. Namun kebutuhan protein baik nabati maupun hewani harus tepenuhi. Ini untuk kesehatan jangka panjang Anda.

3. Waspadai hipertensi
Salah satu upaya menjaga agar tidak terkena serangan penyakit jantung adalah menjaga agar tubuh tidak dihinggapi penyakit hipertensi atau darah tinggi. Hindari makanan yang terlalu banyak garam dan MSG atau penyedap masakan. Selalu cek tekanan darah Anda. Anda dapat membeli tensi meter agar sewaktu – waktu bisa cek tekanan darah di rumah Anda sendiri, tidak perlu pergi ke dokter atau puskemas. Selain itu hindari makanan berkuah, makanan bersantan, lemak, makanan yang mengandung kolestrol tinggi, serta makanan seafood dan makanan dengan pengawet.

4. Hindari konsumsi Pil KB
Konsumsi pil KB juga bisa memicu penyakit jantung. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter agar nantinya Anda bisa menghindari konsumsi pil KB dan menggunakan cara lain.

Baca juga :

Itulah pembahasan mengenai gejala penyakit jantung pada wanita dan pencegahannya. Beberapa cara pencegahan penyakit jantung di atas mungkin terlihat sepele, namun  cara sederhana di atas akan membuat tubuh kita terhindar dari penyakit jantung terutama pada wanita. Selain itu dengan menerapkan pola hidup sehat maka kesehatan tubuh kita akan terus terjaga. Ingat kesehatan itu mahal harganya sehingga kita harus menjaga kesehatan dalam jangka panjang dengan menerapkan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat, silahkan di share agar keluarga dan saudara bisa mengambil manfaatnya.